Tiga Makanan yang Wajib di Coba di Korea!

Makanan Korea…

let’s see apa respon orang saat dikasih pertanyaan “Apa makanan Korea yang kamu tau?”

dan kebanyakan dari orang yang aku tanya mereka jawab “Kimchi” yup, jelas banget nih kalau ke Korea itu belum Afdol kalau ga coba yang nama nya Kimchi, meskipun mungkin untuk sebagian orang di Indonesia Kimchi agak sedikit aneh karena lidah orang Indonesia yang jelas berbeda sama orang Korea, tapi tenang aja rasanya masih enak ko dan high recomended buat di coba.

Aku sendiri pernah coba Kimchi di salah satu acara Korea, tapi menurut temen aku dan kebetulan dia orang Korea asli, dia bilang kalau Kimchi disana lebih enak (iyalah secara kita biasanya bikin gado-gado bukan Kimchi.. hehe) nah! gara-gara dia bilang gitu aku jadi penasaran kaya apa rasa Kimchi asli buatan Korea…

sebelum coba yang asli, yuk kita liat kaya gimana sih Kimchi dan apa itu Kimchi…

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi yang dibuat dari sawi putih (배추, baechu) dan lobak (무, mu) dicampur bawang putih (마늘, maneul), cabai merah (빨간고추, ppalgangochu), daun bawang (파, pa), cumi-cumi (오징어 ojingeo), tiram (굴, gul) atau makanan laut lain, jahe (생강, saenggang), garam (소금, sogeum), dan gula (설탕, seoltang).

Museum Kimchi Pulmuone yang ada di Seoul mencatat 187 jenis kimchi, mulai dari kimchi zaman dulu hingga kimchi zaman sekarang. Variasi kimchi yang mudah dikenali, misalnya: ggakdugi (깍두기) dengan bahan utama lobak dipotong berbentuk kubus, kimchi ketimun yang disebut oisobaegi (오이소박이), dan kkaennip (깻잎) berupa susunan daun perilla yang direndam dengan kecap asin, cabai merah, bawang putih, dan daun bawang

nah kalau tadi aku cerita tentang Kimchi yang jadi High Recomended kalau kita ke Korea, sekarang aku mau cerita lagi makanan lain yang pengen banget aku coba saat ke Korea…

yang satu ini namanya Bibimbab, nama masakan Korea unik-unik ya? penasaran kan sama makanan satu ini yuk kita liat kaya apa sih Bibimbab….

Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti “nasi campur” yang berasal dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu. Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea yang dinamakan “Jeonju Bibimbap”. Terdapat beberapa teori mengenai asal-usul bibimbab, salah satunya ada yang mengatakan bahwa makanan ini dibuat dari sesaji yang dipersembahkan kepada arwah leluhur. Sehabis melaksanakan jesa, orang-orang saling berbagi makanan sesaji dan mencampurkannya dalam mangkuk. Ada pula makanan sejenis yang dinamakan hoetjesabap atau “makanan sehabis jesa”.

Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap (돌솥 비빔밥, “dolsot” berarti “mangkuk batu”). Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.

Beberapa bulan yang lalu pas aku ngisi acara di salah satu Event Korea aku di kasih makanan dalam box gitu, aku sangka makanan Indonesia soalnya aku liat Nasi, Telur, Daging dalam potongan kecil (sejenis daging giling), dan sayuran, tapi ada satu hal yang bikin ini bukan makanan Indonesia soalnya diatasnya di siram sama Saus yang aku gatau namanya apa, tapi pas aku coba ternyata enak banget & pas aku tanya temen aku ternyata ini namanya “Bibimbab”.

Menurut aku Bibimbab ini makanan yang mengenyangkan jadi kalau kalian makan ini dijamin deh kenyang apalagi porsi orang Indonesia. Bibimbab ini agak sedikit pedas (kalau ukuran orang Indonesia, soalnya temen aku yang orang Korea bilang INI PEDAS, aku bahkan ga habis fikir apa jadinya kalau mereka aku kirim Ma Icih Lv.10.. hehe), jadi buat temen-temen yang suka Pedes bisa di tambah pedesnya sesuai selera.

Oh iya fyi kalau bibimbab ini makanya harus di aduk semuanya jadi kita gabisa hanya makan nas, telur atau nasi sama sayurnya aja tapi makanya ini diaduk semua jadi satu, baru deh udah itu kita santap, buat yang kurang suka sayuran tenang aja nih, kalau kalian coba aduk dengan rata nanti juga rasa sayuranya berkurang jadi gausah khawatir ya…

Penasaran banget nih rasanya Bibimbab kalau di Korea kaya apa pasti beda apa lagi kalau makanya di temenin Bias kita (nah kan jadi berhayal…amiin) jadi kalau ke Korea jangan lewatin yang satu ini harus di coba juga….

dua makanan di atas ini makanan berat semua sekarang makanan yang lagi populer se populer 2PM, Super Junior, SNSD, Shinee, 2AM, dan banyak Idol lainya….

makanan apa coba ?

nah makanan ini namanya Tteokbokki

kalau yang ini termasuk makanan ringan atau biasa kita sebut cemilan tapi jangan salah, yang ini juga ngenyangin kalau makanya over, soalnya makanan satu ini dibuat dari tepung beras, yang di campur sama bumbu gochujang yang pedas dan manis.Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha. Makanan ini Populer banget kalau kalian liat hampir semua Drama Korea, acara jalan-jalan di TV yang ke Korea pasti bahas ini, selain enak makanan ini juga termasuk simple buat di makan di mana aja dan di buat nya juga mudah.

Aku rasanya pengen banget ke Korea dan beli Tteokbokki di sana, sambil jalan-jalan nikmatin keindahan Korea makan Tteokbokki, apa lagi kalau udara disana lagi musim dingin cocok buat menghangatkan badan sedikit..

sekarang aku mau tunjukin kaya apa sih makanan-makanan yang tadi aku sebutin…

18 thoughts on “Tiga Makanan yang Wajib di Coba di Korea!

  1. Aku pernah coba Tteokbokki sama Kimchi (tapi versi restoran Indonesia sih), lumayan enaaakk :9 Bibimbab seems so tempting!! Kayaknya kalo makan di Korea langsung lbh nampol ya😀
    Anyway you’re great on delivering words Audii, keep up the good work😉

    • Iya enak tp sayuranya g bgt kerasa kaya sayuran ko soalnya kalau yg bibimbab itu dia makanya harus di aduk dulu jd rasanya ga krasa ada sayuran hehe ^^ ayo ah ksana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s